Rapat Koordinasi Persiapan Ujian Akhir Madrasah

2018-04-03 09:13:21

Purworejo-Rapat persiapan ujian akhir madrasah tingkat ibtidaiyah dilaksanakan pada hari Senin, 2 April 2018 di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo. Acara bertajuk Sosialisasi Ujian Akhir Madrasah pada Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2017/2018 Kabupaten Purworejo itu dihadiri oleh kepala MIN dan MIS se-Kabupaten Purworejo dan dimulai pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo mengatakan bahwa ujian madrasah sebenarnya merupakan ujian bagi seluruh komponen madrasah yaitu guru, siswa, bahkan orang tua siswa termasuk juga lingkungan. Sehingga ujian madrasah adalah tanggung jawab dan kesuksesan bagi semua. Untuk mewujudkan kesuksesan tersebut, kepala madrasah harus memberi motivasi dan peluang kepada guru untuk melakukan yang terbaik kepada siswa. Sedangkan untuk siswa, bilamana diperlukan diasramakan agar fokus belajar.

Secara spesifik, Bambang Sucipto menargetkan madrasah ada yang masuk sepuluh besar tingkat kabupaten untuk hasil ujian nasional. Karena menurutnya, nilai yang baik merupakan bentuk tanggung jawab madrasah kepada siswa dan orang tua yang telah mempercayakan anaknya untuk dididik di madrasah. Selain itu tingginya hasil ujian merupakan bentuk promosi yang efektif untuk meningkatkan pengakuan masyarakat. Lebih jauh, kepala kantor mengajak kepala madrasah untuk ikut menyukseskan program menteri yaitu mewujudkan madrasah yang unggul, hebat, dan bermartabat. Di akhir sambutannya, kepala kantor mendoakan agar pelaksanaan ujian sukses dan ilmu yang didapat peserta didik dapat bermanfaat baik di dunia maupun akhirat.

Arahan berikutnya disampaikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo yang menyampaikan beberapa hal kepada kepala madrasah terkait persiapan ujian. Kepala madrasah diharapkan telah mempelajari prosedur operasional standar (POS) ujian dengan baik agar tidak terjadi kekeliruan utamanya mengenai teknis pelaksanaan ujian. Selain itu, Miftah mengingatkan kepala madrasah untuk membentuk panitia USBN demi lancarnya pelaksanaan ujian. Dan yang tidak kalah penting adalah mengecek Data Nominasi Sementara (DNS) peserta ujian agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. (anto)